Apa Sih Serangga Tomcat atau Rove Beetles Itu?

Apa Sih Serangga Tomcat atau Rove Beetles Itu? - Pada akhir-akhir ini banyak orang yang menceritakan tentang serangga tomcat atau yang lebih dikenal Rove Beetles. Sebenarnya apa sich serangga Tomcat atau Rove Beetles itu? sehingga banyak orang bahkan di search engine Google banyak juga blog yang membahas serangan serangga Tomcat ini.

Awal mula cerita dari kejadian serangan Tomcat ini berasal dari Surabaya karena menurut info yang saya baca di koran atau di internet, Surabaya dan sekitarnya menjadi 'sarang' Tomcat! Serangga kecil, unik dan menggemparkan ini!

Sebenarnnya apa sich serangga Tomcat (Rove Beetles) itu? Marik kita baca sama di artikel ini. Menurut penelusuran yang saya temui dan saya baca tentang serangga Tomcat ini di situs-situs tentang serangga miliknya orang luar negeri atau departemen yang membahas serangga. Ternyata serangga Tomcat atau yang lebih dikenal dengan Rove Beetles memiliki banyak jenis turunan dari serangga tersebut.

apa serangan tomcat, rove beetles


Tomcat atau Rove Beetles memiliki ukuran tubuh kecil dengan panjang 7-8mm. Rove Beetles memiliki kepala hitam dengan dada oranye/merah (tepat di belakang kepala). Sebagia besar warna tubuh dari serangga ini adalah hitam dengan area hitam metalik dan mengkilap yang menutupi sayap dan bagian ekor tubuhnya juga berwana oranye/merah dengan pita ekor yang meruncing.

Tempat atau Sarang Tomcat (Rove Beetles) yang Bisa Ditemukan
Serangga Tomcat atau Rove tersebara secara luas di negara-negara timur seperti Australia, Malaysia, dan Indonesia. Biasanya serangga ini tinggal di tepi atau dipinggir sungai. Selama hujan lebat atau banjir, Tomcat dapat bermigrasi ke daerah yang lebih kering. Diwaktu siang hari, serangga ini dapat kita temui dan kita lihat merangkak ditanah, dengan cara menyembunyikan sayapnya dan bisa menyerupai semut.

Seperti halnya semut, kehidupan dari Rove Beetles adalah berkelompok. Dimana setiap kelompok memiliki serangga pekerja, serangga penjaga atau serangga yang khusus berkembang biak. Begitupun dengan Tomcat. Tomcat dewasa pekerja atau pengembara adalah predator serangga lainnya.
Pada malam hari, Tomcat sering kita temui disekitar rumah kita khususnya dan biasa disekitar lampu.

Bagaimana Serangga Tomcat Menyerang Manusia ?
Serangga ini sebenarnya tidak menyerang, menggigit atau menyengat, salah besar jika anda mennyebutnya kalau kejadian yang terjadi di Surabaya dan sekitarnya karena serangan serangga Tomcat, tidak seperti itu tetapi karena darah yang ada dalam tubuh serangga ini mengandung racun kuat yang disebut pederin yang dapat menyebabkan iritasi kulit, bahkan konjungitivits pada mata.

Kok bisa? Begini, saat kita dihinggapi oleh Tomcat atau dirayapi oleh serangga ini saat kita tertidur, kita tidak merasa kalau itu adalah Rove Beetles dan juga tanpa kita sadari, biasanya kita langsung main gepuk saja, kita main pukul saja (seperti halnya saat seekor nyamuk 'nempel' ditubuh kita). Jika serangga ini mati saat digepuk maka toksin yang terkandung dalam darah tomcat ini akan nempel di kulit kita. Sehingga toksin tersebut akan terserap oleh pori-proi kluit dan mengakibatkan iritasi.

Dan yang paling menakutkan adalah saat kita mengendari sepeda motor di malam hari tanpa menggunakan helm, disaat seperti ini kita tidak tahu serangga apa yang berterbangan didepan lampu sepeda kita, jika diantara serangga-serangga itu ada seekor Tomcat dan kita 'menabraknya' dan mengenai mata maka kita akan mendapatkan masalah! Cairan atau darah tomcat yang mengenai mata akan menyebabkan konjungtivitis, dermatitis berat (ruam) dan iritasi kulit yang serius.

Jadi, benar kata pak polisi, gunakanlah helm saat berkendara : D

Bagaimana Cara Melindungi Diri Dari Serangan Tomcat (Rove Beetles)?
  1. Hindari menyentuh serangga ini
  2. Jangan meniup atau mencuci serangaa dari kulit
  3. Gunaka benda atau kayu untuk mengusir atau membuang serangga dari tubuh
  4. Kurangi pencahayaan di malam hari
  5. Kenakan pakaian lengan panjang dan celana panjang untuk meminimalkan terkena kulit
  6. Gunakan obat anti serangga di dalam rumah. Misal; obat bakar nyamuk elektrik. Agar serangga-serangga tidak masuk kedalam rumah, karena dirumah saya menggunakan BayGon elektrik dan berhasil mengusir nyamuk bahkan lalat!

Ingin tahu jenis-jenis yang termasuk dalam timnya tomcat? Klik disini aja,,,

Itulah artikel saya kali ini tentang Apa Sih Serangga Tomcat atau Rove Beetles Itu?, yang menurut saya sudah lumayan lengkap. Jadi jangan salahkan tomcat jika terjadi iritasi kulit tapi Waspadalah,,! Awas Serangan Serangga Beracun! Tomcat


source pictures and edited article from NSW Departement of Health

Tidak ada komentar