Awas Serangan Serangga Beracun! Tomcat

Awas Serangga Beracun! Tomcat sedang mengintai anda dan keluarga anda! Jagalah sibuah hati dari Tomcat si serangga beracun ini, karena sampai saat artikel ini saya tulis, tomcat si serangga beracun ini telah menyerang di daerah Surabaya dan sekitarnya.

Saat saya membuat artikel ini di pos kamling rumah, ternyata ada ponaan teman saya yang mengalami gejala seperti yang tampak pada gambar. Anak tersebut biasa di panggi Indi, cewek, 5 th dan biasanya Indi ini bermain dengan anak saya. Namun, setelah saya tanyakan ternyata Indi sudah sembuh dan meninggalkan bekas agak kehitaman.

Tomcat Serangga Beracun


Menurut berbagai sumber yang saya baca, jika terkenan gigitan Tomcat ini, kulit akan mengalami merah semacam luka bakar di bagian muka, tubuh dan lengan. Dn dari informasi yang saya himpun, sebenarnya Tomcat ini tidak menyengat atau menggigit. Cairan hemolimf yang terdapat di dalam badan (kecuali sayap) kumbang ini mengandungi racun sentuhan hewan yang paling berbisa di dunia. Cairan dari Tomcat ini dikenal beracun dan disebut sebagai 'aederin' (C24 H43 O9 N) dinamakan dalam tahun 1953. Cairan dari Tomcat ini disinyalir 12x lebih mematikan dari bisa ular kobra.

Saat anda bersentuhan dang hewan ini, Tomcat secara otomatis akan mengeluarkan cairan apabila terjadi sentuhan atau benturan dengan kulit manusia secara langsung. Bisa juga dengan sentuhan tidak langsung melalui handuk, baju atau alat lain yang tercemar oleh racun tomcat tersebut. Itu sebabnya, jika sudah terkena dermatitis otomatis seperti seprei dan uba rampe-nya, handuk maupun alat-alat yang disinyalir terkena racun tomcat harus dibersihkan.

Menurut info, serangan Tomcat ini biasanya terjadi saat kita sedang tertidur, Tomcat akan merayap tempat tidur, selimut, bantal, baju dan saat tomcat ini hinggap di kulit, tanpa kita sadari, kita menyentuhnya dan saat inilah serangan Tomcat mulai beraksi dengan mengeluarkan cairan dari tubuhnya!

Pertolongan Pertama Serangan Tomcat
Penanganan dan pertolongan pertama serangan tomcat yang harus dilakukan adalah mencuci kulit yang terkena dengan sabun biasa atau sabun antiseptik. Dan untuk reaksi panas dan perih akan muncul dalam satu hingga dua jam. Untuk meringankan reaksi ini, kompres bagian kulit dengan air biasa yang bersih. Jangan kompres dengan air es atau air panas. Bila ada persediaan steroid ringan bisa juga dioleskan. Dan, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapat pengobatan yang sesuai.

UPDATE : Jangan terlalu percaya dengan info-info pengobatan yang tercantum dalam setiap artikel tentang pengobatan akibat racun tomcat. Lebih baik segeralah dibawa ke dokter atau rumah sakit atau puskesmas. Karena sebagian informasi pengobatan yang diberitakan dalam setiap blog atau web keliru.

Tidak ada komentar