Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda

Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda merupakan kata kunci dalam kontes SEO yang diselenggarakan oleh panitia sepeda motor honda. Kata kunci ini sangat relevan dengan apa yang dimiliki oleh honda, sebagaimana yang telah saya singgung berdasarkan pengalaman saya di artikel yang saya tulis sebelumnya yaitu tentang ...sepeda motor honda. Pada kontes ini tentu (menururt saya) yang menjadi tujuan utama adalah sepeda motor injeksi yang dimiliki oleh honda bukan sepeda motor standart yang non injeksi, sedangkan mengenai irit dalam bahan bakar, semua orang sudah mengetahui kalau honda memang irit, baik yang dengan sistem injeksi ataupun non injeksi. Selain itu harganya juga relatif aman bagi kanton.

Berikut saya akan sedikit menjelaskan mengenai Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda :

Sepeda Motor Injeksi
Pada kendaraan sepeda motor yang non injeksi (sistem karburator), peranti yang bertugas menyiapkan gas pembakaran atau campuran udara dan bahan bakar adalah karburator. Sedangkan pada sepeda motor dengan sistem injeksi bensin pada motor atau kita sebut motor injeksi tugasnya sama dengan karburator. Dengan kata lain, penyuplai campuran udara dan bahan bakar pada motor dengan sistem injeksi ada 2 macam yaitu bisa pakai sistem injeksi atau karburator.

Tetapi perlu diketahui bahwa antara karburator (non injeksi) dengan sistem injeksi bensin memiliki prinsip kerja yang benar-benar berbeda. Boleh dibilang teknologi karburator sudah kuno sedangkan injeksi bensin yang diterapkan pada motor saat ini tergolong modern.

Alasan Penggunaan Injeksi Pada Motor
Penggunaan sistem injeksi pada sepeda motor karena adanya tuntutan emisi gas buang pada motor harus bersih (mengurangi polusis udara) serta irit bensin. Dan tuntutan ini tidak mampu lagi dipenuhi hanya dengan mengandalkan karburator. Sebab motor injeksi dilengkapi komputer (electronic control unit/ECU) yang mampu menjamin perbandingan bensin dan udara selalu akurat di setiap putaran mesin.

Lalu, apa persamaan atau perbedaan dari kedua sistem ini? Motor, baik yang menggunakan sistem injeksi atau karburator sama-sama mengatur volume udara yang masuk ke dalam silinder sesuai sudut buka katup gas (throttle valve) dan putaran mesin dan menyalurkan gas pembakaran yang tepat ke dalam silinder sesuai dengan volume udara yang masuk. Sedangkan mengenai perbedaannya jelas berbeda, yaitu jika dilihat dari cara kerja kedua sistem tersebut.

Cara kerja motor dengan sistem injeksi yaitu dengan cara menyemprotkan bahan bakar langsung ke ruang bakar. Jumlah bahan bakar serta debit udara yang disemprotkan dikontrol oleh ECU (Electronic Control Unit). Meskipun sebagai pengontrol, berbagai parameter juga mempengaruhi ECU dalam memerintahkan injector, yakni sensor RPM, suhu mesin, suhu udara, posisi throttle, tekanan manifold dan posisi crankshaft. Sensor tersebut bertugas memberikan informasi tentang kondisi dan operasi beban mesin kepada ECU sebelum menyemprotkan debit bahan bakar.

Sedangkan pada sistem karbutor, cara penyemprotan bahan bakar ke dalam mesin bisa dilakukan secara manual sesuai dengan jenis karburator yang digunakan, karburator konvensional atau vakum atau constant velocity.
Sistem injeksi memang lebih presisi dalam men-supply jumlah bahan bakar, karena konsumsinya bakal disesuaikan untuk setiap kitiran RPM. Mapping atau pemetaan kondisi mesin yang terbaca dari berbagai sensor juga menjadi patokan ideal ECU dalam menjalankan fungsi injector agar tetap efektif dan efisien.

Add Logo Honda PGM-FISEO Competition

Kelebihan Sepeda Motor Dengan Sistem Injeksi
  1. Sepeda motor dengan sistem injeksi, hasil campuran bahan bakar dan udara sangat akurat sehingga tenaga mesin akan meningkat, akselerasi
    lebih baik, emisi gas buang rendah sekaligus lebih hemat bahan bakar alias irit
  2. Tidak seperti pada sistem karburator, sepeda motor injeksi tidak terlalu repot dalam perawatan mesin, seperti : engine tune up yang dibersihkan hanya busi, filter udara dan filter bensin, tidak perlu bongkar carburator atau stel ulang.
    Selain itu, pada sepeda motor injeksi tak perlu melakukan penyetelan campuran bahan bakar dan udara, tak perlu menyetel waktu pengapian karena semua sudah diambil alih tugasnya oleh ECU. Lain dengan sistem karbutor, yang blepotan dengan oli..
  3. Dengan adanya sistem injeksi, maka volume bensin yang masuk ruang bakar sudah presisi, jadi lebih efisien dan ramah lingkungan, karena pembakaran selalu sempurna.
Sehingga dengan beberapa kelebihan yang telah saya sebutkan diatas, maka sepeda motor honda adalah Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda, memang benar adanya : )

Jadi, buat para biker yang ingin menggunakan motor dengan teknologi injeksi, gunakan selalu Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda karena dengan sistem injeksi, perawatan jadi sederhana yang telah diatur oleh perangkat elektronik, efisien, ramah lingkungan, dan ramah isi dompet alias irit...

Artikel Khusus Untuk Kontes SEO Sepeda Motor Injeksi Irit Harga Terbaik Cuma Honda yang baru dimulai tanggal 1 Februari 2012. Sebagai seorang blogger yang sering ikutan kontes, tentunya anda memiliki etika dengan TIDAK MELAKUKAN COPY PASTE artikel peserta kontes yang lain, termasuk artikel yang ada di blog ini!

Sumber tulisan :
Lombok Emas Bengkel Resmi Honda Kraksaan Probolinggo.
Merpati Motor Bengkel Resmi Honda Probolinggo.
We Love Honda

Tidak ada komentar