Tips Agar Ujian Nasional Lancar dan Berhasil

Tips Agar Ujian Nasional Lancar dan Berhasil - Tentu hal pertama dan utama yang harus dilakukan adalah belajar, belajar, dan belajar. Dalam belajar pun banyak cara yang dilakukan oleh siswa-siswi agar ilmu yang diserap lebih mudah dimengerti, seperti dengan cara belajar kelompok, membuat soal-soal latihan, atau berlatih soal-soal latihan yang telah ada bahkan ada yang menambah jam belajar dengan melakukan ekstrakurikuler diluar jam sekolah, misal dengan mengikuti bimbingan belajar. Dan jangan terpengaruh oleh info-info tentang kunci jawaban ujian nasional yang beredar akhir-akhir ini.

Saat akan ujian pun demikian, berlatih mengerjakan soal ujian nasional (UN) juga telah dilakukan. Selain itu, menjaga stamina juga telah dipersiapkan agar konsentrasi lebih kuat dan lebih fresh.

Selain hal-hal diatas agar ujian nasional lancar dan berhasil, ada beberapa tips yang kadang dilupakan oleh siswa, diantaranya ;
  • Meneliti lembar soal dan kunci jawaban sesudah menerima atau menyerahkan berkas-berkas ujian tersebut. Jika ada lembar yang rusak atau soal-soal kurang segera lapor.
  • Jangan sampai salah menuliskan data diri dan kode soalmu di lembar jawaban. Ingatlah bahwa UN tahun ini menggunakan lima set soal berbeda.
  • Sebelum mengerjakan soal-soal ujian nasional, tenangkan diri dan bacalah doa sebelum mengerjakan soal-soal ujian. Membaca soal dengan tenang dan teliti akan membuatmu lancar menjawab soal. Jika kamu tegang, konsentrasimu justru akan buyar. Kerjakanlah dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah, baru kemudian soal-soal sulit.
  • Jaga lembar jawaban ujian nasional agar tetap bersih, tidak terlipat, basah, sobek, rusak, dan jangan juga mencorat-coret lembar jawabanmu. Lembar jawaban yang kotor atau rusak akan menyulitkan komputer dalam proses pemindaian.
  • Sebelum mengumpulkan lembar jawaban ke pengawas, pastikan kamu sudah menjawab semua soal ujian. Teliti dulu sebelum diserahkan ke pengawas ujian.

Tidak ada komentar