Samsung Galaxy Nexus GT-19250

Samsung Galaxy Nexus GT-19250 hadir dengan kerja sama yang baik antara Samsung dan Google. Didalam Galaxy Nexus GT-19250, Google telah menyiapkan beberapa fitur unggulan untuk smartphone dari Samsung ini. Galaxy Nexus GT-19250 menggunakan layar super AMOLED HD 4.65 inchi dengan prosesor dual-core 1.2 GHz Cortex-A9 bertenaga grafis PowerVR SGX540, selain itu Samsung Galaxy Nexus GT-19250 merupakan smartphone pertama yang menggunakan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich.

Berikut Penjelasan Spesifikasi dan Fitur Samsung Galaxy Nexus GT-19250 :

Desain
Tampilan desain Galaxy Nexus GT-19250 adalah candy bar full touchscreen dengan bahan plastik yang tampak menawan di bagian belakang casing yaitu dengan tekstur bergerigi. Dengan desain curve glass, anda akan merasa nyaman saat melakukan panggilan telepon.

Dengan ukuran layar 4.65 inchi, Samsung Galaxy Nexus GT19250 tidak memasang tombol fisik seperti pada umunya. Galaxy Nexus sudah dipasang tiga tombol virtual yang berfungsi sebagai pengganti tombol fisik. Ketiga tombol virtual tersebut adalah Back, Home, Recent Apps. Sedang untuk tombol Menu, akan muncul jika diperlukan saja. Jadi, tampilan depan dari Nexus GT-19250 hampir terlihat bersih tanpa adanya tombol fisik.

Untuk menghidupkan Galaxy Nexus GT 19250 ini, anda dapat menekan tombol power di sisi sebelah kanan, di sisi sebelah kiri terdapat tombol volume. Dan pada bagian bawah, anda akan menemukan port charger.

Layar
Dengan menggunakan layar super Amoled yang juga digunakan oleh Samsung Galaxy Nexus GT-19250 telah mengalami peningkatan pada resolusi layar yang mencapai HD720p (1280x720). Dari sisi tampilan layar, layar Samsung Galaxy Nexus GT-19250 memiliki sudut pandang yang cukup lebar dan kesimbangan warna yang sangat bagus antara kontras, kecerahan dan ketajaman. Sedangkan untuk layar sentuh, sudah sangat sensitif. Namun, layar akan terlihat reflektif terhadap cahaya yang kuat, seperti sinar matahari, sehingga mengurangi tampailan smartphone ini.

Interface & OS
Dengan dukungan dari Google, Samsung Galaxy Nexus sudah menggunakan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich yang tampil dengan antarmuka bawaan tanpa kustomisasi.

Untuk membuka layar yang terkunci, geser lock ke samping kanan untuk membuka kunci, namun jika anda menggeser ke samping kiri, makan anda akan masuk ke kamera secara langsung. Utnuk mengunci layar Galaxy Nexus GT-19250 ini, anda bisa menggunakan 6 metode penguncian layar yaitu None, Slide, Face Unlock, Pattern, PIN, and Password.

Untuk halaman homescreen, anda akan melihat tampilan layar pada homescreen yang berwarna biru yang dipadu dengan warna jingga dan latar belakang hitam, membuat tampilan Nexus GT-19250 tambah elegant.

Sedangkan pada tampilan shortcut and widget pada halaman homescreen dapat anda ganti sesuai dengan keinginan anda. Caranya, tekan dan tahan aplikasi dan widget selama beberapa saat sampai berpindah ke halaman homescreen, dan letakkan shortcut and widget yang anda inginkan.

Pada halaman menu, Anda akan melihat tampilan menu yang mirip dengan Android Honeycomb tapi berbeda kategori apps dan widget. Dengan menggunakan Ice Cream Sandwixh, tampilan menu Samsung Galaxy Nexus GT-19250 dipenuhi efek-efek yang menarik seperi fade in fade out and transparant. Awezome!

Hardware
Dengan menggunakan prosesor dual core 1.2 GHz, Nexus GT 19250 memang dapat bekerja secara optimal, namun sayang penggunaan GPU PowerVR SGX540 yang kurang menunjang. Tapi untunglah, Galaxy Nexus masih dipasang RAM 1GB dan daya tampung file yang leumayan besar, 16GB. Apalagi kemampuan baterai yang lumayan maksimal dalam menonton sebuah video, 6 jam nonstop dengan baterai Li-Ion 1750mAh.

Kamera dan Video
Hasil dari kamera dan video Samsung Galaxy Nexus GT-19250 sudah sangat baik, baik untuk kamera depan atau kamera belakang (dual camera) karena Nexus GT 19250 sudah dipasang kamera dengan resolusi 5MP untuk kamera belakang, sedangkan kamera depan 1.3MP. Dan tentunya sudah tersedia lampu flash.
Sedangkan untuk settingan, kamera Nexus GT-19250 memiliki tiga settingan tambahan yaitu scene mode, exposure, dan white balance yang terdapat di sisi kiri Viewfinder. Pada sebelah kiri bawah Viewfinder, terdapat tombol Switch kamera yang berfungsi untuk pengambilan foto, video, dan panorama (spesial fitur).

Untuk perekamanan video, Samsung Galaxy Nexus GT-19250 mampu menghasilkan gambar dengan resolusi FullHD1080p dengan kecepatan 24fps. Tidak hanya itu, kemampuan kamera depan juga mampu merekam video HD720p@30fps, dengan format MP4.

Multimedia
Pada fitur musik, Samsung Galaxy Nexus GT-19250 sudah terdapat Google Music yang manggolongkan lagu berdasarkan lagu, album, playlist, artist, recent and genre. Suara yang dihasilkan memang agak pelan namun jika menggunakan headset maka hasilnya sangat baik dan mantap.
Lain dengan pemutar video, anda harus sedikit kecewa dengan tampilan video player yang hanya sederhana sekali dan tanpa kemampuan menampilkan subtitle.

Internet & Konektivitas
Dengan memiliki koneksi 3GHSDPA 21Mbps and HSUPA 5.7Mbps, Samsung Galaxy Nexus GT-19250 mampu melakukan koneksi internet dengan baik dan juga sudah mendukung flash player. Apalagi dengan browser native Android 4.0 yang mampu membuka 16 halaman web sekaligus.
Pada halaman browser, terdapat menu refresh, forward, bookmark, setting and option untuk menyimpan halaman web agar dapat dibaca ulang saat offline.

Pada koneksi internal, Samsung Galaxy Nexus GR-19250 tidak ada port HDMI yang akan membuat kurang leluasa dalam mengekplorasi konten ponsel melalui PC.

Fitur Unggulan Samsung Galaxy Nexus GT-19250
  • Barometer HD : Dengan sensor buatan Bosch, anda dapat melakukan pengukuran tekanan meski tidak ada sinyal dari operator seluler atau GPS. Untuk menggunakan fitur ini, anda harus mendownload di Android Market.
  • Movie Studio : Aplikasi yang dapat mengedit video.
  • Office Viewer : Aplikasi yang dapat membuka file Office (Office 2003, Office 2007) dan PDF.
  • Google Earth : Aplikasi yang dapat menampilkan map 3D.
  • Compass : Aplikasi untuk mengetahu arah dan tidak tergantung pada sinya operator seluler atau GPS. Download aplikasi di Android Market.
Fitur Ice Cream Sandwich Yang Ada Di Samsung Galaxy Nexus GT-19250 :
  • Multitasking : Dengan tombol virtual recent apps, anda dapat berpindah dengan mudah antar alplikasi yang sedang berjalan.
  • USB Host : Dapat membaca isi flash disk. Tapi sebelumnya anda harus menggunakan kabel converter karena Samsung Galaxy Nexus GT-19250 belum terpasang port USB. Selain itu, anda juga harus mengupgrade system Galaxy Nexus ini agar USN Host bisa digunakan.
  • Face Unlock : Penguncian dengan menggunakan wajah, yaitu layar akan terbuka jika wajah anda dihadapkan pada kamera, namun ternyata foto juga bisa membuka.
  • Photo Editor : Sesuai namanya, anda dapat melakukan edit terhadap foto-foto anda.
  • Data Usage : Membatasi pemakaian internet yaitu dengan memantau dan mengatur besaran kuota maksimal internet.
Secara keseluruhan dan kesesuaian harga yang di berikan, fitur dan komponen yang ada di dalam Samsung Galaxy Nexus GT-19250 sangat baik sebagai pilihan anda, apalagi dengan penggunaan OS Android 4.0 Ice Cream Sandwich, sangat optimal.

Samsung Galaxy Nexus GT-19250


Sumber DigitalElectronicInfo

Tidak ada komentar