Alaskandang Features Suli Artawi dan UD. Sumber Bumi

Sepert tulisan saya tentang Probolinggo Kota Mangga dan UD. Sumber Bumi yang merupakan salah satu unit dagang yang melakukan ekspor-impor buah mangga ke luar daerah dan luar negeri adalah sebuah prestasi yang dimiliki oleh Probolinggo karena adanya UD. Sumber Bumi di desa Alaskandang karena pemilik UD. Sumber Bumi mendapatkan pengakuan dari pemerintah Indonesia sebagai petani mangga sukses baik dari bupati Probolinggo ataupun dari presiden Indonesia, SBY.
TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia
Pemilik UD. Sumber Bumi
Berikut biodata pemilik UD. Sumber Bumi
Nama : Suli Artawi
Istri : Jumiati
Anak : Indah Adistiyah Himami (anak I)
Lestari (anak II)
Alamat : rt.01 rw.01 blok Krajan Ds. Alaskandang Besuk
Probolinggo - Jawa Timur 67283
Indonesia
Unit dagang : UD. Sumber Bumi
Komiditi : Mangga Harum Manis
Hp : +6281336299919
Tlp : +62335843208
Email : sumberbumi@yahoo.com
Instansi : Kepala Desa Alaskandang (mantan)

Prestasi Sebagai Petani dan Pedagang Buah
  1. Penghargaan di bidang Ketahanan Pangan, Bidang Hortikultura (buah dan sayur) dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
  2. Penghargaan sebagai pelopor mutu mangga di Probolinggo dari menteri pertanian.
  3. Penghargaan untuk eksporter mangga asli Indonesia ke luar negeri pada 2008 dari menteri pertanian.

Pasokan Buah
Probolinggo yang notabene sebagai kota mangga tak selamanya menghasilkan buah mangga yang banyak dan jika itu terjadi, mau tidak mau Suli Artawi memasok mangga dari luar Probolinggo, seperti Bali, Nganjuk, Magelang, Malang, Situbondo dan Banyuwangi. Ini semua dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik pasar dalam negeri maupun luar negeri. Dan ini dilakukan karena tiap-tiap daerah di Indonesia yang mampu mengahsilkan buah mangga tidak sama saat musim mangga tiba, contohnya Bali yang tiap tahun selalu memiliki dua kali musim mangga dan ini merupakan Peluang Bisnis Tanpa Ribet yang di kemas oleh Suli Artawi.

Distribusi Dagang
Dalam menjual mangga Suli Artawi menjual ke dalam negeri atau pun ke luar negeri.
Dalam negeri meliputi, Medan (tujuan utama), Jakarta, Bandung, Surabaya, dan Malang.
Luar negeri meliputi Singapura (tujuan utama), Amerika, Swiss, Australia dan Malaysia.

Sejarah Singkat Perjalanan Hidup
Sebelum menjadi petani atau pedagang mangga, pada tahun 1976 Suli Artawi bekerja menjadi sopir angkutan di Kota Probolinggo dan itu juga didukung dengan adanya bengkel sepeda motor di lingkungannya tapi sekarang sudah tutup. Mungkin waktu itu belum ada TOP 1 Oli Sintetik Mobil-Motor Indonesia yang masuk ke desa Alaskandang.

Setelah berhenti sebagai sopir angkutan, Suli Artawi mengadu nasib ke Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Dari Jakarta itulah ia memperoleh ilmu cara beradang dan waktu itu mungkin Suli berpikir inilah Peluang Bisnis Tanpa Ribet itu. Namun pikiran itu hanya sementara, karena waktu itu kerugian demi kerugian selalu datang dan sampai akhirnya ia sukses dan berhasil seperti sekarang ini.

Usaha Dagang Lain
Selain sebagai pedangang mangga, Suli Artawi juga memiliki usaha lain tapi masih berhubungan dengan mangga, yaitu membuat kripik mangga dan dalam satu nanungan UD. Sumber Bumi. Dalam pembuatan kripik dan packing (pengemasan) untuk tempatnya tidak jadi satu dengan packing dan sortir buah mangga, karena ada tempat tersendiri dengan peralatan yang cukup lengkap. Kalau pengemasang dan sortir buah mangga tempatnya ada di sebelah timur rumahnya, sedang dalam pembuatan pabrik ada di sebelah barat rumahnya, sekitar 10 meter.
Namun, dalam pembuatan kripik ini juga harus menunggu musim mangga tiba padahal kalau di manfaatkan sebenarnya bisa juga untuk memproduksi kripik-kripik yang lainnya, seperti kripik kentang atau singkong.

Tambahan Aktivitas Sehari-hari
Jika musim mangga belum tiba, biasany Suli Artawi memasok buah-buahan lain yang banyak diminati pasar, misal buah jeruk, melon, manggis, alpukat. Oh iya selain pintar meramu buah-buahan untuk diperjual-belikan, Suli Artawi biasanya membuat benda-benda pecah belah seperti vas bunga namun sekarang udah nggak lagi...

Popularity: 100% [?]

Tidak ada komentar