info.cern.ch Situs Web Pertama Dunia

Tahun 1990 merupakan tahun penting dalam peristiwa dunia dimana sejarah teknologi komunikasi dimulai dan sebuah revolusi terjadi yang mengubah cara kita hidup dalam berkomunikasi hingga sekarang ini. Adalah Tim Berners-Lee yang mengukir mimpinya tentang cara yang lebih baik, lebih mudah untuk berkomunikasi melalui komputer di skala global. Dia telah menciptakan World Wide Web di CERN, Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir, yang mana semuanya dimulai pada Maret 1989.

Tim Berners-Lee menulis sebuah usulan untuk manajemen informasi yang menunjukkan bagaimana informasi dapat dipindahkan dengan mudah melalui Internet dengan menggunakan hypertext, yang sekarang dikenal "titik-dan-klik sistem navigasi" melalui informasi. Pada tahun berikutnya, Robert Cailliau, seorang insinyur, bergabung dengan World Wide Web dan menjadi seorang advokat. Idenya adalah untuk menghubungkan hypertext dengan internet dan komputer pribadi, sehingga memiliki jaringan informasi tunggal untuk membantu fisikawan di CERN dalam berbagi informasi.

Hypertext digunakan untuk memungkinkan pengguna dalam melakukan browsing dengan mudah antara teks pada halaman web yang menggunakan link.
Dan hypertext ini pertama kali dikembangkan pada komputer NeXT.

Berners-Lee menciptakan sebuah browser-editor dengan tujuan mengembangkan alat untuk membuat ruang Web (halaman web) yang kreatif untuk berbagi dan mengedit informasi dan membangun hypertext secara umum.

Robert Cailliau, kolaborator pada proyek World Wide Web dan peselancar Web pertama Info.cern.ch yang merupakan alamat situs web di dunia dan web server pertama dan berjalan pada sebuah komputer NeXT di CERN dengan alamat web pertama halaman itu adalah http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html, yang berpusat pada informasi tentang proyek WWW.

Pengunjung situs tersebut bisa belajar lebih banyak tentang hypertext, rincian teknis untuk menciptakan halaman web sendiri, dan bahkan penjelasan tentang bagaimana mencari web untuk informasi.

Tampilan World Wide Web
Dengan menggunakan program hypertext, situs web Info.cern.ch memang tidak menampilkan halaman yang berisi gambar atau grafis dengan begitu hampir tidak grafis yang tampil di halaman tersebut. Tidak seperti tampilan situs web saat ini, mungkin masih kalah dengan blog ini.
Kok saya bisa tahu?
Memang tidak ada screenshot dari halaman asli tersebut =dalam hal apapun= dari setiap perubahan yang dilakukan situs tersebut maksudnya dari update-an artikel atau tulisan yang tersedia pada halaman WWW.

Meskipun menggunakan sistem NeXT yang hanya menampilkan teks di setiap halaman Info.cern.ch namun situs tersebut sudah bisa terkoneksi dengan jaringan komputer lainnya.

Akhirnya Dunia Tahu Info.cern.ch
Komputer NeXT digunakan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1990, dipamerkan di pameran Mikrokosmos di CERN. Itu adalah server web, hypermedia browser dan web editor pertama. Setelah itu, selama tahun 1991 server ini muncul di lembaga lain di Eropa dan pada bulan Desember 1991, sedangkan server pertama di luar CERN telah dipasang di AS yaitu SLAC (Stanford Linear Accelerator Center).

Pada bulan November 1992, mulai banyak bermunculan server, ada 26 server di dunia, dan Oktober 1993 angka tersebut meningkat menjadi lebih dari 200 server web dikenal.Pada bulan Februari 1993, National Center for Supercomputing Applications (NCSA) di University of Illinois di Urbana-Champaign merilis versi pertama dari Mosaic, yang hanya bisa digunakan untuk Web pada PC dan Macintosh Apple....dan sisanya adalah sejarah Web.

Meskipun konsepsi Web dimulai sebagai alat untuk membantu menjawab pertanyaan antar fisikawan di CERN tentang alam semesta, namun saat ini penggunaannya berlaku untuk berbagai aspek dan mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari. Saat ini sudah ada lebih dari 80 juta situs web, dengan komputer yang terhubung ke Internet, dan dengan ratusan juta pengguna.

(Sebuah peradaban yang kadang oleh sebagian manusia lupa dari mana peradaban itu berasal (Alaskandang Features)



Popularity: 100% [?]

Tidak ada komentar