Tips Mudik Dengan Aman & Nyaman | Info Mudik

Kemarin saya menulis tentang tip menghindari macet dan sekarang saya membahas Tips Mudik Dengan Aman dan Nyaman

Mudik merupakan aktivitas yang rutin dilakukan oleh mereka yang jauh dari kampung halaman atau sekedar bersilaturrahim dengan sanak keluarga di luar kota. Namun meskipun rutin tiap tahun dilakukan, kadang kita mengabaikan rasa aman nyaman saat mudik, salah satunya adalah saat mudik menghindari macet, kadang kita tidak tahu jalan atau arah yang tidak macet saat mudik sehingga seharusnya tepat waktu saat tiba di tujuan namun menjadi terlambat gara-gara macet. Silahkan baca cara menghindarai macet saat mudik pada bagian artikel blog ini.

Berikut Tips Mudik Dengan Aman Nyaman berdasarkan beberapa hal :

Manusia Mudik Yang Aman dan Nyaman
  1. Sebelum mudik, pastikan kondisi tubuh kita, baik keluarga, anak atau pun anggota keluarga lainnya dengan kondisi tubuh yang prima.
  2. Jika salah satu keluarga sakit dan terpaksa untuk ikut mudik, pastikan check-up kesehatan dulu ke dokter, 3 hari sebelum mudik.
  3. Minimal ada 2 pengemudi (sopir) saat mudik agar bisa bergantian sehingga mengurangi rasa capek dan resiko kecelakaan lalu lintas.
  4. Jika membawa balita, sediakan tempat khusus ditengah dan tidak jauh dari sang ibu
  5. Rombongan yang ikut mudik tidak melebihi kapasitas kursi kendaraan. Misal; jika jumlah keluarga ada 6 orang, gunakan kendaraan yang memiliki 7 kursi biar tidak terjadi desak-desakan.
Barang Bawaan Untuk Mudik Yang Aman dan Nyaman
  1. Bawalah barang sesuai kebutuhan mudik. Misal; baju, kalau kita mudik untuk pulang kampung atau besilaturrahim, bawalah baju atau pakaian sesuai berapa lama atau berapa hari kita tinggal. Kecuali jika ada balita, bawalah baju balita sebanyak mungkin tapi jangan satu lemari ya.. Hehehe
  2. Jika membawa balita, dan si balita eek atau muntah segera lah ganti bajunya.

  3. Bawalah hanya 1 atau 2 buah tas untuk pakaian dan 1 tas untuk makanan atau bisa menggunakan kardus khusus untuk makanan dan minuman. Kecuali membawa balita, gunakan tas kecil khusus pakian balita.


  4. Bawalah persedian makanan sesuai jarak tempuh saat mudik. Kalau membutuhkan 1 hari perjalanan alangkah baiknya membawa bekal,,, itung2 untuk ngirit lah hehehe.


  5. Untuk balita, bawalah perlengkapan balita yang lengkap.


  6. Untuk wanita, jangan lupa membawa persediaan pembalut wanita jika ia mengalami mens, dan itu jika jarak yang di tempuh membutuhkan 1 hari lebih.


  7. Bawalah obat-obatan seperti; obat mual dan muntah, pusing, sakit perut dan beberapa suplemen tubuh (vitamin).

Kendaraaan Untuk Mudik Yang Aman dan Nyaman
  1. Kendaraan untuk mudik berupa sepeda motor atau mobil.
  2. Cek kelengkapan surat-surat kendaran, SIM, STNK, dan KTP. Cek masa berlaku surat-surat kendaraan. Usahakan setiap anggota keluarga membawa KTP.
  3. Periksa kondisi kendaraan sebelum mudik, 3 hari sebelum berangkat mudik.
  4. Bawalah perlengkapan kendaraan seperti dongkrak, ban serep, oli cadangan, solar cadangan dan air cadangan. Dan kalau bisa bawa juga peralatan tembel ban apa adanya jika kamu biasa menembel ban sendiri.
  5. Untuk sepeda motor, periksa kelengkapan kendaraan seperti dua spion, helm standart, kaos tangan, jaket, masker, dan sepatu.
  6. Untuk sepeda motor, buat bagasi khusus barang di belakang sepeda.
  7. Taati semua peraturan lalu lintas dan jangan ngebut biar gak benjut! Hehe
Dan yang paling utama dari Tips Mudik Dengan Aman dan Nyaman jangan lupa untuk BERDO'A. Berikut saya sertakan do'a saat bepergian : Mudik Dengan Aman dan Nyaman Amantu billahi, I'tasamtu billahi, tawakkaltu 'alallahi wa la haula wa la quwwata illa billahi
Artinya: "Aku beriman kepada Allah, berlindung kepada-Nya dan berserah diri kepada-Nya (pula). Tiada daya dan upaya melainkan dengan pertolongan Allah".
Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar