Kraksaan Kota Baru

Dulu kala saat saya masih SMA 1997, Kraksaan Kota Baru belumlah ada nama seperti itu. Yang ada hanyalah Kraksaan saja , tanpa ada embel-embel kota baru, kota anyar,, eh kalo kota anya ada loh, tepatnya di Paiton sana, sekitar 10 km dari Kraksaan Kota Baru.

Kenapa Kraksaan berubah menjadi nama Kraksaan Kota Baru? Eits, ngomgong-ngomong udah pada tahu nich dimana letak Kraksaan? Nah sebelum membahas lebih lanjut saya bahas sedikit letak Kraksaan Kota Baru. Kraksaan terletak di sebelah timur Probolinggo dan untuk lebih jelasnya lihat di peta pada gambar Kraksaan Kota Baru

Kraksaan Kota Baru
Kraksaan Kota Baru
Nah, udah tahu kan letak Kraksaan Kota Baru. Kenapa disebut "kota baru", apakah baru muncul, baru dibentuk, atau baru ada? Sebenarnya sich bukan itu. Dinamakan kota baru karena semua aspek kehidupan dalam tata ruang sebuah kota yang awalnya berada di Probolinggo yang notabene sebagai ibu kota kabupaten akan dipindah ke Kraksaan. Jadi, semua yang ada di Probolinggo akan di pindah ke Kraksaan. Mulai dari kantor-kantor layanan masyarakat sampai rumah dinas bupati akan pindah ke Kraksaan.

Kenyataan itu semakin diperkuat dengan adanya gedung Kapolres, gedung DPRD, gedung Samsat, taman kota yang di tata ulang (alun-alun), pasar tradisional yang di perbaharui, gedung islamic center, adanya lapangan Futsal, pusat perbelanjaan, dan banyak lagi, yang sebelumnya ada di Probolinggo kini sudah ada di Kraksaan Kota Baru.

Namun, dengan (akan) menjadinya ibu kota kabupaten, sedikit masalah sudah mulai timbul di Kraksaan Kota Baru yaitu jalan raya utama atau jalan penghubung sudah mulai macet. Dan sebelum benar-benar menjadi sebuah ibu kota kabupaten, masalah ini harus terlebih dahulu diselesaikan....

Selain itu, yang menjadi ciri khas dari Kraksaan sejak dulu sampai menjadi Kraksaan Kota Baru adalah masakannya yang terkenal yaitu Soto Kraksaan. Mau nyoba? Mampir aja jika kamu mau ke Bali, ke Banyuwangi, atau ke Situbondo atau ke Jember, mampir dulu ke Kraksaan dan nikmati Sotonya .

Udah dulu yach,, saya mau tidur dulu.. Kalau diterusin bisa-bisa gak muat nich mata n untuk info lebih lanjut tanya ke mbah google yang pinter se dunia.



Popularity: 100% [?]

Tidak ada komentar