Ide LewatMana Karena Kemacetan Lalu Lintas

Bagi sebagian orang, kemacetan merupakan masalah serius. Namun, bagi Hendry Soelistyo, kemacetan justru jadi berkah. Akibat sering terjebak macet lalu lintas, dia akhirnya membuat situs yang khusus memantau kepadatan arus lalu lintas di Jabodetabek yaitu LewatMana dengan cara memsang CCTV. Namun, sebelum memasang CCTV seperti sekarang ini, Hendry awalnya hanya memasang CCTV di jalur atau rute jalan dari rumahnya menuju ke kantornya.

Awalnya, Hendry tidak bisa berbuat apa-apa saat menghadapi kemacetan. Berulang kali dia dibuat jengkel. Dia sering mengeluh mengingat waktu yang terbuang karena macet bisa mencapai tiga jam. Apalagi, kantornya juga ada di kawasan padat Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan. Sampai akhirnya, dia berpikir untuk menemukan cara untuk membantu dirinya dan warga Jakarta menghindari kemacetan. Dia lalu mencetuskan ide membuat situs yang berisi tentang info lalu lintas. Sehingga, pengguna situs tersebut bisa menghindari jalan-jalan tertentu dan memilih jalan alternatif untuk dilalui. Beruntung, idenya mendapat respons baik dari rekan kerjanya.

Pemilihan nama LewatMana langsung disetujui rekan-rekannya. Selama ini, yang menjadi pertanyaan orang ketika ingin bepergian itu kata-kata "lewat mana" yang selalu terucap. Sehingga, nama itu dianggap cocok sebagai jawaban atas pertanyaan pengguna situs. LewatMana memberikan gambaran jelas arus lalu lintas di berbagai titik di Jakarta. Situs ini sangat membantu pengguna untuk memutuskan jalan mana yang akan ia tempuh menuju lokasi tertentu.
Dengan memasang kamera CCTV di setiap jalur jalan raya LewatMana memantau setiap jalan yang menjadi jalan favorit atau rawan macet. Letak kamera ini disesuaikan dengan lokasi yang paling banyak diminati pengguna jalan. Kamera ini juga mampu memberikan gambaran arus lalu lintas dalam tempo 30 detik sebelumnya.

Menurut Hendry, selain membantu pengguna menghindari kemacetan, Lewatmana ingin meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Karena, j ika masyarakat bisa mencari jalan alternatif, maka waktu yang tadinya terbuang bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih produktif.

Tidak ada komentar